RSB Sidoarjo


RSB SIDOARJO

Jl. Raya Sukodono-Gedangan Dusun Pasegan Kulon Desa Kloposepuluh Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo – Jawa Timur Telp. (031) 7880134

  1. LATAR BELAKANG PENDIRIAN

Visi Indonesia Sehat 2020 hanya akan terwujud bila terjadi sinergi antara pemerintah dengan masyarakat sebagai target dari upaya kesehatan itu sendiri. Kesadaran masyarakat untuk mau berubah dan menerapkan disiplin pola hidup sehat menjadi kunci penting yang harus diprioritaskan. Kesadaran dalam bersikap dan berperilaku sehat dapat tercapai apabila sudah terdapat pengetahuan yang cukup mengenai pola hidup sehat.

Faktor berikutnya adalah keterjangkauan/aksesibilitas masyarakat pada unit-unit pelayanan kesehatan. Keterjangkauan selain dalam hal lokasi/tempat, juga keterjangkauan dalam hal pembiayaan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Mengingat sebagian masyarakat kita masih berada di ambang garis kemiskinan, kalau tidak hendak disebut betul-betul di bawah garis kemiskinan.

Ketidakmampuan masyarakat dari ekonomi dan sulitnya mendapatkan akses pelayanan serta rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan menjadikan Indonesia sebagai  salah satu negara dengan tingkat kesehatan yang rendah di Asia Tenggara, hal ini ditandai dengan parameter kesehatan berupa Angka Kematian Ibu (Maternal Mortality Rate) dan Angka Kematian Bayi (Infant Mortality Rate) yang masih tinggi.

Kesehatan adalah kebutuhan utama bagi semua orang. Namun bagi kaum dhuafa, pelayanan kesehatan yang memadai seringkali merupakan sesuatu yang sulit dijangkau. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyadari betul akan hal ini. Untuk itu BAZNAS bekerjasama dengan Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Yayasan Al Chusnaini Sidoarjo berusaha untuk menghadirkan program-program kesehatan yang dikhususkan untuk kaum dhuafa. Hal ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju pencapaian Visi Indonesia Sehat 2020.

Pada akhirnya, Gedung berlantai 2 yang diberi nama Rumah Sehat BAZNAS-PGN-Al Chusnaini yang diresmikan oleh Deputi Kementrian BUMN RI, Bapak Pandu Djajanto pada hari Rabu, tanggal 18 Juli 2012 yang bertempat di Dusun Pasegan Kulon Desa Kloposepuluh Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo dengan luas lahan 1533.79 m2 dan luas bangunan 513 m2.

Semua dana operasional untuk pelayanan tersebut didapatkan dari zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS), karena itu Rumah Sehat BAZNAS-PGN-Al Chusnaini memberlakukan sistem kepesertaan dengan mekanisme membership/keanggotaan yang didapatkan dari hasil survei dan wawancara untuk memastikan bahwa pasien yang berobat dan dilayani adalah masyarakat miskin/kaum dhuafa yang termasuk dalam golongan yang berhak mendapatkan zakat (ashhabul ashnaf). Rumah Sehat BAZNAS-PGN-Al Chusnaini juga sering disebut sebagai Rumah Sakit tanpa kasir, karena semua bentuk pelayanan yang diberikan tidak dipungut biaya sama sekali/gratis untuk peserta.

VISI DAN MISI

Menjadikan Rumah Sehat BAZNAS sebagai rujukan nasional model pelayanan kesehatan yang prima serta pemberdayaan sumber daya manusia dalam meningkatkan taraf kesehatan dhuafa

MISI 

  1. Memberikan pelayanan kesehatan bagi dhuafa secara humanis dan profesional meliputi promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif dan advokasi.
  2. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kepedulian dan peran serta masyarakat dhuafa dalam program kesehatan.
  3. Mengembangkan kemitraan di masyarakat dan sinergitas program lintas stakeholder dalam membangun akses pelayanan kesehatan untuk dhuafa.
  4. Mengembangkan pelayanan kesehatan bagi dhuafa yang sesuai standar dan terakreditasi

JENIS PROGRAM PELAYANAN

Pelayanan yang tersedia di Rumah Sehat Baznas-PGN-Al Chusnaini meliputi dua program, yaitu Program Layanan Dalam Gedung (LDG) dan Program Layanan Luar Gedung (LLG). Berikut uraian dari masing-masing program:

Program Layanan Dalam Gedung (LDG) terdiri atas Surveyor, UGD, Poli Umum, Poli Gigi, Pol Kesehatan Ibu & Anak (KIA),Poli HT & DM, Pojok Gizi, Laboratorium, dan Unit Farmas
Surveyor/Kepesertaan

Rumah Sehat BAZNAS-PGN-Al Chusnaini memberlakukan sistem kepesertaan dengan mekanisme membership/keanggotaan yang didapatkan dari hasil survei dan wawancara untuk memastikan bahwa pasien yang berobat dan dilayani adalah masyarakat miskin/kaum dhuafa yang termasuk dalam golongan yang berhak mendapatkan zakat (ashhabul ashnaf).

Persyaratan menjadi peserta adalah dengan mengisi formulir yang dan melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan setempat, pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar masing-masing anggota keluarga dan denah lokasi rumah. Kemudian calon peserta tersebut disurvei untuk konfirmasi dhuafa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

UGD, Poli Umum, Laboratorium, Unit Farmasi

Melayani pasien setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00-20.00 WIB dan hari Minggu/Hari Libur Nasional pukul 08.00-14.00 WIB.

Poli Gigi

Melayani pasien setiap hari Selasa dan Jum’at pukul 08.00-14.00 WIB; Kamis pukul 15.00-21.00. Bentuk pelayanannya antara lain penyuluhan, pemeriksaan gigi dan penggantian gigi palsu.

Poli Kesehatan Ibu & Anak (KIA)

Melayani pasien setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00-20.00 WIB dan hari Minggu/Hari Libur Nasional pukul 08.00-14.00 WIB. Bentuk pelayanannya antara lain Ante Natal Care (ANC), pemeriksaan bumil & balita, pemberian imunisasi, vaksin dan akseptor KB. Poli KIA juga menyediakan layanan konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter Spesialis Kandungan (Sp. OG) setiap Sabtu minggu ke-2.

Pojok Gizi

Melayani pasien untuk konsultasi permasalahan seputar gizi, pola makan dan pola hidup sehat. Layanan ini dibuka 1 bulan 2x yaitu setiap tanggal 15 dan 30 pukul 08.00-12.00 WIB.

Poli HT & DM

Melayani pasien setiap hari Rabu pada minggu ke-2 (HT Center) dan Rabu minggu ke-3 (DM Center) di setiap bulannya pukul 08.00-20.00 WIB. Bentuk pelayanannya antara lain penyuluhan dan pemeriksaan fisik serta laboratorium.

Event LDG

Selain layanan-layanan yang rutin dilakukan di atas, Rumah Sehat BAZNAS-PGN-Al Chusnaini juga berusaha untuk tetap melakukan upaya-upaya promotif dan preventif di bidang kesehatan. Wujud dari upaya-upaya tersebut antara lain berupa penyelenggaraan event yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan derajat kesehatan masyarakat di sekitar lingkungan Rumah Sehat BAZNAS-PGN-Al Chusnaini. Event-event yang sudah terselenggara hingga saat ini antara lain :

Lomba Balita Aktif Kreatif dan Ibu Cerdas
Seminar Deteksi Dini Ca Cerviks
Pemeriksaan Pap Smear
Seminar Hipertensi
Seminar Tuberculosis
Seminar Ca Mamae, dll

Program Layanan Luar Gedung (LLG) merupakan suatu program pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan yang terletak di daerah terpencil dan jauh dari akses kesehatan. Adapun bentuk kegiatannya antara lain:

Unit Kesehatan Keliling (UKK)

Bentuk kegiatannya berupa pemeriksaan kesehatan, konsultasi kesehatan dan pemberian obat secara gratis kepada warga kurang mampu dari berbagai kalangan usia. UKK pada saat ini berjumlah 10 titik dengan sebaran wilayah sidoarjo, mopjokerto, pasuruan, gresik, Madura, lamongan.

Pandu Lansia

Sasaran dalam program ini adalah para lansia. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan berupa pemeriksaan fisik, cek gula darah, asam urat, cholesterol, konsultasi kesehatan dan pemberian obat secara gratis. Kegiatan ini dilakukan di 1 titik setiap bulan.

Pandu BBB ( Bayi, Balita dan Bumil)

Sasaran dalam program ini adalah bayi/balita dan ibu hamil. Bentuk kegiatannya berupa pemeriksaan fisik, konsultasi kesehatan, pemberian PMT kepada bayi/balita dan ibu hamil yang mengalami gizi buruk. Kegiatan ini dilakukan di 1 titik setiap bulan

Program Anak Sekolah Sehat (PASS)

Bentuk kegiatan dalam program ini adalah penyuluhan kesehatan, praktek lapangan dan pembentukan kader sehat kepada para siswa di sekolah/pesantren. Kegiatan ini dilakukan di 1 titik setiap bulan.

Pembinaan kader

Tujuan dari program ini adalah membentuk dan membina kader supaya mendapatkan informasi kesehatan yang terbaru dan bisa disampaikan kepada masyarakat setempat. Kegiatan ini dilakukan di 2 titik setiap bulan.

Mitra Keluarga Pra Sejahtera (MKPS)

Merupakan satelit dari Rumah Sehat yang terbentuk berdasarkan kerjasama dengan mitra (klinik atau praktek dokter). Semua orang yang telah terdaftar menjadi peserta Rumah Sehat bisa berobat di MKPS yang sudah menjadi mitra. Jumlah MKPS sampai saat ini 10 MKPS dengan sebaran wilayah sidoarjo dan mojokerto.

Komunitas Sehat (KOMAT)

Merupakan program baru di Rumah Sehat Baznas-PGN-Al Chusnaini. Kegiatan dari program ini yaitu pengobatan, penyuluhan, praktek lapangan serta pembentukan kader-kader kesehatan. Namun, yang membedakan dengan program lain adalah serangkaian kegiatan tersebut dilakukan di suatu komunitas/kelompok, misalnya komunitas anak jalanan, komunitas nelayan, komunitas pemulung, dll. Serangkaian program tersebut dilaksanakan rutin satu kali tiap bulan.

Teras Sehat

Merupakan salah satu program dari Rumah Sehat yang bekerja sama dengan pihak PT. Mutual Plus. Dimana pasien yang datang adalah para peserta dari Rumah Sehat Baznas-PGN-Al Chusnaini.

Masyarakat Tanggap Bencana (MTB)

Merupakan bentuk kepedulian Rumah Sehat Baznas-PGN-Al Chusnaini untuk membantu dan tanggap terhadap bencana alam yang menimpa masyarakat di suatu daerah. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah pengobatan, pemberian bantuan berupa sembako, selimut, dll yang bekerja sama dengan BAZ Provindi, BAZ Kabupaten/Kota dan instansi terkait lainnya.

Event LLG (Bakti Sosial dan Khitan Masal)