RSB Pangkalpinang


Foto Profil RSB-1

Jl. RE . Martadinata RT. 05 RW. 02 Kel. Ampui Kec. Pangkal Balam Pangkalpinang Prov. Kep. Bangka Belitung Telp. (0717) 421113 Fax. (0717) 433337

PROFIL RUMAH SEHAT BAZNAS TIMAH

I. PENDAHULUAN

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat berkerjasama dengan PT. TIMAH mendirikan Rumah Sehat Baznas-Timah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan merupakan Rumah Sehat Baznas kelima di Indonesia setelah Jakarta, Yogyakarta, Makasar, dan Sidoarjo. Rumah Sehat Baznas Timah Pangkalpinang diresmikan pada tanggal 29 Juli 2015 oleh Ketua Umum Baznas Pusat, Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin dan Direktur Utama PT TIMAH Tbk, Bapak Sukrisno, dan dihadiri juga oleh Gubernur Bangka Belitung, Rustam Efendi.

II. KEGIATAN PELAYANAN RUMAH SEHAT BAZNAS TIMAH

Layanan Dalam Gedung (LDG)
Sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama atau Klinik Pratama, Rumah Sehat Baznas Timah Pangkalpinang memiliki model Layanan Dalam Gedung yang terdiri dari :

AMBULANCE

AMBULANCE

RAWAT INAP

RAWAT INAP

INSTALASI GAWAT DARURAT

INSTALASI GAWAT DARURAT

LABORATORIUM

LABORATORIUM

INSTALASI PARMASI

INSTALASI PARMASI

KESEHATAN IBU & ANAK

KESEHATAN IBU & ANAK

RAWAT INAP

RAWAT INAP

POLI GIGI

POLI GIGI

Adapun jumlah member/ peserta Rumah Sehat Baznas-Timah secara keseluruhan baik LDG maupun LLG hingga saat ini berjumlah 5.502 jiwa.

Adapun kegiatan dalam gedung yang sudah berjalan diantaranya:

  1. Asuhan Keperawatan, yang dilakukan oleh team perawat setiap kali pasien yang berobat ke Rumah Sehat Baznas Timah Pangkalpinang dengan cara pemberian brosur sekaligus penjelasan informasi seputar masalah kesehatan.
  2. Perlombaan gigi sehat untuk anak usia dini yang diadakan setahun sekali, dimana pemeriksaaannya dilakukan selama rentang waktu setahun yang gunanya untuk memotivasi anak-anak usia dini (6 tahun – 12 tahun) agar mau memeriksakan giginya.
  3. Kelas Ibu Hamil dan Balita, yang dilakukan sebulan sekali di Rumah Sehat Baznas Timah Pangkalpinang. Adapun isi tentang kegiatannya berupa penyuluhan seputar masalah kehamilan dan balita, senam untuk ibu hamil, siraman rohani atau kajian kepada kelas ibu hamil dalam mempersiapkan dan mendidik calon bayinya.