RSB Makassar


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerjasama dengan Pertamina dan Yayasan Wakaf Universitas Muslim Indonesia (UMI) mendukung upaya Pemerintah Kota Makassar, memberikan pelayanan kesehatan mulai dari pencegahan hingga pengobatan, khusus bagi masyarakat miskin. Seluruh pelayanan kesehatan ini dapat dinikmati dalam  Rumah Sehat BAZNAS-Pertamina dan Yayasan Wakaf UMI  yang mulai dibagun pada 30 September 2011.

Acara peletakan batu pertama dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, Direktur Pelaksana, Teten Kustiawan, Sekretaris Perusahaan Pertamina Harry Karyuliarto serta para pejabat daerah.

Rumah Sehat BAZNAS  Pertamina dan Yayasan Wakaf UMI membantu masyarakat miskin mendapat akses kesehatan gratis dengan sistem keanggotaan. Masyarakat miskin cukup mendaftarkan diri menjadi anggota Rumah Sehat BAZNAS-Pertamina dan Yayasan Wakaf UMI dengan menyertakan surat keterangan tidak mampu dan fotokopi KTP. Selanjutnya, pendaftar akan disurvey untuk memastikan kondisi ekonominya. Jika memenuhi kriteria, maka ia berhak menjadi anggota Rumah Sehat BAZNAS-Pertamina dan Yayasan Wakaf UMI.

Agar masyarakat miskin mudah memperoleh layanan ini, Rumah Sehat BAZNAS-Petamina dan Yayasan Wakaf UMI dibangun di area strategis di tengah kota, tepatnya di dalam kompleks Universitas Muslim Indonesia. Letaknya yang berdekatan dengan rumah sakit pusat pemerintah, memudahkan koordinasi agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin berjalan optimal.

Baik Tim medis maupun non medis di dalamnya akan bekerja keras sesuai semboyan rumah Sehat Baznas-Pertamina “Memberikan Pelayanan Kesehatan yang Humanis dan Profesional bagi Kaum Dhuafa”.

Pelayanan kesehatan yang diberikan sesuai dengan standar nasional berupa pelayanan dalam ruangan dan luar ruangan. Pelayanan dalam ruang terdiri atas Layanan Dokter Umum, Unit Gawat Darurat, Poliklinik Gigi dan Mulut, Layanan Dokter Spesialis, Konsultasi Psikologi dan Perkawinan, Unit Farmasi, Pelayanan Ambulans, Unit Laboratorium, Ruang rawat Inap dan Khitan Massal.

Sedangkan pelayanan luar ruang diwujudkan melalui program-program seperti Pondok Sehat Terpadu, Masyarakat Tanggap Bencana, Program Komunitas Sehat, Program Ukhuwah Kesehatan, Sentra Kesehatan, Program anak Sekolah Sehat dan Dokter Keluarga Pra sejahtera.

Alamat : Komplek RS. Ibnu Sina Jl. Urip Sumuharjo KM 05/245 Kelurahan Karampuang Kecamatan Tanakkukang Makasar