Ramadhan 1438 H, BAZNAS Layani 23.150 Mustahik



Press Release

Ramadhan 1438 H, BAZNAS Layani 23.150 Mustahik

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan sepuluh program khusus menyambut Bulan Ramadhan 1438 Hijriah. Sepuluh program tersebut berupa Ramadhan Bareng Bahagia Bareng, Ramadhan Bersama Suku Badui, BAZNAS Peduli Narapidana Wanita, Peluncuran Buku Khutbah Zakat, 99 Masjid Cemerlang, Siaga Mudik, Umar Bin Khatab, Ramadhan Bersama Lansia, Teras Sehat dan Paket Ramadhan Bahagia.

Kesepuluh program ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi 23.150 mustahik di berbagai kota di Indonesia.

Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo menjelaskan, Program Ramadhan Bareng Bahagia Bareng merupakan pemberian paket sahur dan buka puasa kepada para dhuafa. Kegiatan dilaksanakan di 35 desa terpencil, termiskin dan terluar yang menjadi lokasi Program Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS serta di lima Rumah Sehat BAZNAS yaitu Jakarta, Yogyakarta, Sidoarjo, Makassar dan Pangkalpinang.

Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat miskin pedesaan bisa merasakan kebahagiaan dan keberkahan bulan Ramadhan.

Program 99 Masjid Cemerlang merupakan kegiatan membersihkan masjid di berbagai tempat strategis dan banyak dikunjungi masyarakat. Seperti di pemukiman padat penduduk, jalan protokol atau jalur yang sering disinggahi pemudik. Program ini diharapkan memberikan stimulus dan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan masjid karena kebersihan juga merupakan syarat syah diterima ibadah.

BAZNAS juga menyiapkan Posko BAZNAS untuk melayani kebutuhan darurat para pemudik, di antaranya pelayanan kesehatan, takjil, dan sosialisasi pelaksanaan ibadah saat mudik. Posko tersebut akan ditempatkan di lokasi jalur mudik (Utara dan Selatan) Pulau Jawa tim Rumah Sehat BAZNAS (RSB) dan BAZNAS Tanggap Bencana.

Selanjutnya, BAZNAS membentuk pasukan Umar bin Khattab, tim yang dikerahkan untuk mencari dan melayani para mustahik yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

“Layanan aktif BAZNAS ini untuk memudahkan mustahik dalam mengakses layanan bantuan darurat dengan prinsip cepat, tepat dan akurat dalam jangka waktu maksimal tiga hari,” ujar Bambang Sudibyo.

BAZNAS juga meluncurkan program Ramadhan Bersama Lansia dengan menggelar pemeriksaan kesehatan mata gratis dan pemberian alat kesehatan bagi 250 orang masyarakat lanjut usia. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Rumah Sehat BAZNAS.

Selain itu juga melalui program Paket Ramadhan Bahagia, BAZNAS memberikan santunan kepada Mustahik berupa paket sembako yang dikemas menarik untuk para mustahik. Seperti tahun lalu, program tersebut bekerjasama dengan ojek online sehingga tidak merepotkan mustahik.

“Kita menggunakan jasa pengiriman online ini bertujuan memuliakan mustahik dalam menerima paket agar terhindar dari antri dan berdesakan disaat pembagian,” katanya.

Program berikutnya adalah Peluncuran Buku Khutbah Zakat. Dengan terbitnya buku Khutbah Zakat ini, diharapkan kewajiban zakat dapat tersosialisasikan dengan baik sehingga potensi zakat dapat diwujudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat zakat merupakan rukun islam yang paling terabaikan, meski zakat merupakan rukun islam yang berada pada posisi nomor 3 setelah shalat.

Berikutnya, Ramadhan Bersama Suku Badui, kegiatan syiar islam yang bertujuan untuk menghidupkan suasana keagamaan dan menguatkan akidah masyarakat terpencil suku Badui. BAZNAS mengirimkan da’i pada bulan Ramadhan yang bertugas mennggerakkan dakwah Islam, membina tertib ibadah, dan meningkatkan motivasi keislaman masyarakat mualaf Badui. Bentuk kegiatannya berupa silaturahmi dengan kepala suku dan mualaf Badui, tausiyah penguatan akidah dan ibadah, buka puasa, tarawih, dan sahur bersama; dan pembagian paket lebaran.

Ada pula kegiatan di dalam Lembaga Pemasyarakatan, yakni BAZNAS Peduli Narapidana Wanita. Kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan suasana keagamaan dan membentengi akidah narapidana wanita di lingkungan Lapas Wanita Pondok Bambu yang rentan terhadap penyimpangan seksual. Kegiatan untuk mereka adalah motivasi agama, lomba ceramah, apreasiasi napi penghafal Al Quran serta pemberian kebutuhan dasar wanita.

Terakhir, Program Teras Sehat yaitu kegiatan penyuluhan kesehatan selama berpuasa bagi lansia, ibu serta anak-anak sekolah.

Kebangkitan Zakat
#KetikaSemuaBergerakBersama

 

TENTANG BAZNAS

Adalah badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No8/2001. BAZNAS bertugas menghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. BAZNAS sudah berdiri di 509 daerah (tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota).
Informasi lebih lanjut, hubungi Ndari Rumi 087889573889

Comments are closed.