Ketua MPR Berzakat Melalui BAZNAS



Press Release

⁠⁠⁠Ketua MPR Berzakat Melalui BAZNAS

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan menunaikan zakat maalnya melalui BAZNAS, Senin (29/5). Zulkifli memilih datang langsung ke Gerai Zakat BAZNAS di Plaza Senayan, Jakarta Selatan untuk menyerahkan sendiri zakatnya kepada Ketua BAZNAS, Prof. Dr Bambang Sudibyo, MBA, CA.

Zulkifli mengatakan, zakat merupakan Rukun Islamyang hukumnya wajib bagi yang mampu (sudah memenuhi nisab dan haul). Seperti puasa yang punya ketentuan, zakat juga memiliki aturan, baik penghitungan maupun cara membayarnya harus dilakukan secara benar.

“Jika salah dalam pembayarannya, misalnya jumlah yang dibayarkan ternyata kurang dari ketentuan, maka akan mengakibatakan zakat tidak sah,” kata Zulkifli.

Selain itu Zulkifli mengajak semua pejabat publik mengeluarkan zakat guna menyucikan harta dan menambah keberkahan atas harta. Ia berharap masyarakat memilih pengelola zakat yang resmi untuk mengamanahkan dana zakatnya.

“Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) adalah lembaga resmi tempat menyalurkan zakat dan infak. Mari membayar zakat di sini,” Jelas Zulkifli di depan awak media.

Bambang Sudibyo menyampaikan apresiasinya kepada pemimpin lembaga negara itu, karena telah memberikan keteladanan kepada umat muslim di Indonesia. Dengan berzakat melalui BAZNAS, Zulkifli mencontohkan tentang pentingya membersihkan harta yang dimiliki melalui pengelola zakat resmi. Ia turut menjadi bagian dari gerakan mengentaskan 1% rakyat miskin tiap tahunnya dengan dana zakat yang ditunaikan melalui BAZNAS.

“Keteladanan yang dilakukan Ketua MPR, Bapak Zulkifli Hasan hari ini akan menginspirasi umat muslim di Indonesia untuk menjadikan zakat sebagai agenda prioritas yang bukan hanya penting untuk diri sendiri, namun juga bermanfaat bagi umat lain yang membutuhkan,” katanya.

Bambang mengatakan, akan semakin banyak tokoh dan pejabat negara menunaikan zakatnya melalui BAZNAS, sebab Ramadan tahun ini BAZNAS kembali membuka layanan pembayaran zakat di Istana Negara bersama Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Gerai di Plaza Senayan adalah salah satu gerai yang dibuka di mal dan perkantoran untuk menerima pembayaran zakat secara tunai atau transfer dari masyarakat selama Ramadhan. BAZNAS terus memberikan kemudahan berzakat yang menyentuh segala segmen masyarakat, baik secara konvensional maupun dalam berbagai platform digital.

BAZNAS juga melayani pembayaran zakat via ATM, Layanan Jemput Zakat, internet banking, sms banking, layanan online berbagai bank, pembayaran lewat situs belanja online seperti Elevenia, Mataharimall.com, Tokopedia, Bukalapak. Juga mellaui situs crowd funding, kitabisa.com dan komunitas kaskus.co.id. BAZNAS juga melayani sistem potong gaji langsung melalui Zakat Payrol System yang memudahkan muzaki karena secara otomatis zakat telah dipotong dari gaji setiap bulannya.

TENTANG BAZNAS

Adalah badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No8/2001. BAZNAS bertugasmenghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. BAZNAS sudah berdiri di 509 daerah (tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota).

Informasi lebih lanjut, hubungi Ndari Rumi 087889573889
www.baznas.go.id @baznasindonesia Fb: badan amil zakat nasional

Comments are closed.