BAZNAS Kembangkan Layanan Zakat Digital Terbanyak



Press Release

BAZNAS Kembangkan Layanan Zakat Digital Terbanyak

BAZNAS terus berinovasi mengembangkan layanan kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan zakatnya. Dengan mengikuti tren dan selera masyarakat, BAZNAS kembali menambah layanan pembayaran zakat melalui media digital dengan menggandeng enam pusat jual beli online terkemuka.

Enam pusat jual beli online tersebut ialah Tokopedia.com, Blibli.com, Elevania.com, Kaskus.co.id, MatahariMall.com dan Ebaba.co.id.

Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi dan Informasi Nasional BAZNAS, Arifin Purwakananta mengatakan enam pusat jual beli online ini melengkapi layanan kemudahan zakat yang sudah BAZNAS bangun melalui tiga platform.

“Tiga platform yang kita kembangkan ialah BAZNAS platform yaitu melalui situs www.baznas.go.id dan aplikasi muzaki corner. Kami juga memanfaatkan eksternal platform melalui berbagai toko online dan situs kitabisa.com. platform ketiga yang kita maksimalkan adalah social media platforms yakni melalui Facebook, Twitter dan Instagram BAZNAS,” katanya.

Arifin mengatakan, BAZNAS meyakini inovasi layanan zakat melalui penggunaan digital akan mempermudah masyarakat dalam berzakat.

“Kami akan menjadikan BAZNAS sebagai badan zakat paling progresif dalam pengembangan layanan digitalnya,” katanya.

Layanan zakat, infak dan sedekah di dalam pusat jual beli online ini, dapat digunakan untuk menghitung zakat, kemudian langsung membayarkannya semudah berbelanja online. Sembari mencari kebutuhan untuk lebaran, masyarakat bisa sekaligus membayar zakat di e commerce favorit tanpa harus antri dan macet di jalan.
Pada Ramadhan 1438 H ini, Baznas menargetkan kampanye dengan berbagai kemudahan digital sebesar 30 persen dari jumlah penghimpunan zakat nasional.

“Melihat perilaku masyarakat yang semakin gemar bertransaksi dengan cara digital, Baznas optimis dapat menghimpun 30 persen dari target Rp 6 Triliun zakat nasional yang dikelola oleh Baznas pusat, Baznas provinsi, Baznas kabupaten/kota, dan juga Lembaga Amil Zakat (LAZ) resmi di Indonesia,” katanya.

Dengan perolehan ini diharapkan dapat melayani banyak mustahik (golongan penerima zakat) yang membutuhkan bantuan. BAZNAS beserta semua BAZNAS provinsi dan semua LAZ di Indonesia telah bersama-sama bersepakat pada tahun 2016 untuk setiap tahunnya mengentaskan 280.000 jiwa masyarakat miskin dari garis kemiskinan versi BPS, melalui pendistribusian dan pendayagunaan zakat yang terukur, terarah dan memberdayakan.

Comments are closed.