Tim BAZNAS Tanggap Bencana Bergerak Cepat Bantu Korban Gempa Aceh



Tim relawan BAZNAS Tanggap Darurat (BTB) melakukan pemeriksaan medis terhadap para korban gempa di pos pengungsian di Pesantren Tauthiatut Tarbiyah, di Desa Lhok Pu'uk, Kecamatan Pante Raya, Kabupaten Pidie Jaya., Rabu (8/12). Foto: Taufik/BAZNAS

Tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) melakukan pemeriksaan medis terhadap para korban gempa di pos pengungsian di Pesantren Tauthiatut Tarbiyah, di Desa Lhok Pu’uk, Kecamatan Pante Raya, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12/2016). Foto: Taufiq/BAZNAS

BANDA ACEH (BAZNAS): Tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) yang diterjunkan ke lokasi bencana gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Propinsi Aceh, langsung bergerak cepat memberikan bantuan terhadap para korban gempa.

“Sebagian korban gempa masih mengungsi dan ditampung di Pesantren Tauthiatut Tarbiyah, di Desa Lhok Pu’uk, Kecamatan Pante Raya, Kabupaten Pidie Jaya. Mereka rata-rata menderita Instalasi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan tim kami langsung menangani,” tutur Taufiq, tim relawan BTB.

Taufiq mengatakan saat ini para pengungsi membutuhkan bantuan berupa tenda, genset, alas tidur, selimut, dapur umum, dapur air, hygiene kit, babby kit, air bersih dan makanan bayi.

Sementara itu, akibat gempa berkuatan 6.5 SR yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada Rabu (7/12) menghancurkan sejumlah bangunan dan menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan data yang diperoleh, tercatat ada 22 unit bangunan yang rusak parah, 18 unit rusak sedang, 22 unit rusak ringan, 1 masjid dan satu gedung serba guna.

Sedangkan untuk korban yang mengungsi, ada 133 KK jiwa terdiri dari 228 laki-laki, 209 perempuan, 58 balita, 25 lansia dan ibu hamil 4 jiwa. Sementara korban yang menderita luka, 9 luka berat dan 6 luka ringan.

Reporter: Mas’ud

Editor    : Yudhiarma MK

Sumber : BTB

Leave a Comment