Gempa Aceh, BAZNAS Berangkatkan Tim Tanggap Bencana Pagi Ini



BTBJAKARTA (BAZNAS): Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerjunkan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) ke Aceh. Pada saat bersamaan, Direktorat Koordinator Zakat Nasional (KZN) mengerahkan BAZNAS daerah untuk turun ke titik-titik bencana gempa di Tanah Rencong.

“BAZNAS melepas Tim BTB pagi ini ke lokasi bencana. Kita berkoordinasi dengan Baitul Mal Aceh,” ujar Direktur Amil Zakat Nasional (AZN) Arifin Purwakananta di Jakarta, Rabu (7/11/2016).

Hal sama disampaikan Direktur KZN Mohd Nasir Tajang. Pihaknya menyiapkan posko nasional untuk penanggulangan bencana Aceh, yang mengoordinasikan BAZNAS daerah dan pihak-pihak terkait untuk turun ke lokasi bencana.

Direktorat KZN BAZNAS telah menghubungi Ketua Baitul Mal Aceh Dr Armiadi Musa, Kabid Sosialisasi Sayed Muhammad Husen, dan staf Baitul Mal Bobby Novrizan. Mereka menginformasikan, bencana terparah terjadi di Kabupaten Pidie. “Beberapa ruas jalan rusak parah karena terbelah, banyak bangunan runtuh. Lokasi sekitar 4 jam dari Banda Aceh melalui perjalanan darat. Kami sedang mendata para korban jiwa,” kata Bobby.

Armiadi Musa terus mengumpulkan data dan informasi detail dan memerintahkan para amil Baitul Mal yang berada di luar kota untuk berangkat ke Pidie.

“Kami segera menggelar rapat dan akan menginformasikan perkembangan kondisi gempa ini. Kami juga bergabung dengan Tim BTB pusat yang berangkat pagi ini ke Aceh, agar Baitul Mal Aceh bisa menjadi komando wilayah dalam mengkoordinasikan segala bantuan untuk korban, terutama dari BAZNAS. Kami telah menyiapkan segala kebutuhan teknis darurat lapangan,” ujarnya.

Reporter: Masud

Editor: Yudhiarma MK

Comments are closed.