BAZNAS Bantu Longsor Ponorogo



btbBadan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membantu para korban longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur. Bersama dengan Tim SAR, BAZNAS turun langsung mulai dari evakuasi hingga masa pemulihan.
Melalui Tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) melakukan evakuasi korban serta membantu terdampak bencana dengan membuka dapur air / dapur umum, posko kesehatan, dan hunian sementara. BTB menjadi koordinator dalam melakukan evakuasi di lokasi yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan kedalaman longsor 20 meter. Pada hari pertama aksi dilakukan, tim gabungan menemukan 3 dari 28 korban tertimbun longsor.
Koordinator Lapangan Tim Evakuasi BTB, Deden mengatakan, di lapangan, tim mengalami berbagai kendala termasuk cuaca buruk dan sinyal provider yang sangat lemah. Di tengah keterbatasan itu, tim tetap bekerja keras berkejaran dengan waktu di tengah resiko longsor susulan.
Upaya BTB dan tim gabunganmembuahkan hasil, Minggu (2/4) kembali menemukan satu jenazah, yang merupakan jenazah keempat dalam sepekan pencarian.
Longsor susulan yang dikhawatirkan rupanya benar terjadi, menimbun berbagai fasilitas yang difungsikan untuk korban longsor, seperti dapur umum, alat berat, diesel alat komunikasi, mobil dan motor relawan. Air sungai meluap ke balai desa dan semua penduduk di sekitar lokasi diungsikan ke tempat yang lebih aman. Jaringan seluler pun dikabarkan kembali terputus.
Usai masa tanggap darurat, bantuan ekonomi sangat diperlukan karena mereka sudah tidak dapat bekerja karena sebagian besar dari mereka adalah buruh bangunan, dan buruh tani serta petani jahe yang lahannya telah tergerus longsor.

Comments are closed.