Rumah Sehat BAZNAS, Layani 20 Ribu Mustahik Tiap Bulan



BAZNAS menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya untuk berbagai program pemberdayaan mustahik (golongan penerima zakat). Salah satunya melalui Program Rumah Sehat BAZNAS (RSB), yakni program layanan kesehatan gratis yang telah dibangun di lima kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, Sidoarjo, Makassar dan Pangkalpinang.

Setiap bulannya, RSB melayani hingga 20 ribu mustahik dengan bebagai keluhan penyakit, RSB juga membantu merujuk pasien dengan penyakit yang membutuhkan perawatan lebih lanjut ke Rumah Sakit utama.

WhatsApp Image 2017-06-19 at 17.25.04Di Jakarta, Rumah Sehat BAZNAS – Masjid Agung Sunda Kelapa (RS BAZNAS – MASK) bertempat di Kompleks Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Layanan dimulai pada September 2007 sejak diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla.

Direktur Pendistribusian, Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Nasional BAZNAS, Mohd. Nasir Tajang mengatakan, semua dana operasional untuk pelayanan tersebut didapatkan dari zakat, infak dan shodaqoh (ZIS), karena itu RS BAZNAS – MASK memberlakukan sistem kepesertaan dengan mekanisme keanggotaan.

“Seluruh pasien ini telah melalui verifikasi dengan cara survei dan wawancara untuk memastikan bahwa pasien yang berobat dan dilayani adalah masyarakat miskin, atau 7 golongan lainnya yang termasuk dalam golongan yang berhak mendapatkan zakat. Hal ini untuk memastikan agar dana zakat yang diamanahkan oleh muzaki betul-betul dapat sampai pada mustahik,” katanya.

Pelayanan medis yang tersedia meliputi pelayanan umum dan IGD 24 jam, Poli Gigi, konsultasi Psikologi, pelayanan spesialistik, pelayanan laboratorium dan apotik.

Selain itu ada pula program pemberdayaan masyarakat berupa daerah binaan di kantong-kantong kemiskinan dan program rutin operasi katarak yang bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami).
Persyaratan menjadi anggota adalah dengan mengisi formulir yang tersedia serta melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan setempat.

Direktur Rumah Sehat BAZNAS Indonesia, Meizi Fachrial mengatakan, di setiap RSB memiliki berbagai layanan kesehatan seperti Poli Umum dan Unit Gawat Darurat, Poli Gigi dan Mulut, Poli Gizi, Poli Hipertensi dan Diabetes Mellitus, Layanan Dokter Spesialis, Konsultasi Psikologi, Unit Farmasi, Unit Laboratorium, Radiologi, Pelayanan Ambulan dan Katarak.

“Selain mengandalkan layanan dalam gedung, RSB juga memiliki kegiatan pelayanan di luar gedung untuk mendekatkan pelayanan kepada para dhuafa,” katanya.

Layanan luar gedung meliputi Unit Kesehatan Keliling (UKK), Center Kesehatan (Gizi Center, Hipertensi, Diabetes Center dan Lansia Center), Teras Sehat, Khitanan Massal dan Bakti Sosial,” katanya.

Leave a Comment