PT Nasional Re Mitra Setia BAZNAS dalam Membantu Kaum Dhuafa



PT Nasional Re bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat menyalurkan zakat perusahaan yang dikemas dalam bentuk Program Gizi Nasional, di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. (FOTO: Istimewa/BAZNAS)

PT Nasional Re bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat menyalurkan zakat perusahaan yang dikemas dalam bentuk Program Gizi Nasional, di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.(FOTO: Istimewa/BAZNAS)

PT Reasuransi Nasional Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan PT Nasional Re terus konsisten dan komitmen sebagai mitra Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Komitmen itu diwujudkan dalam bentuk penyaluran zakat perusahaan yang telah dikerjasamakan sejak 2004.

“BAZNAS adalah mitra perusahaan kami sejak lama, karena sebagai lembaga negara yang mengelola zakat secara nasional, sehingga dapat dipercaya, transparan dan dipertanggungjawabkan,” ucap Corporate Secretary PT Nasional RE, Agus Supriadi di Jakarta, Selasa (03/10).

Untuk menjadi mitra strategis dan setia BAZNAS, Agus mengungkapkan tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Dia mesti bolak balik melakukan survei dan kajian yang mendalam, baik secara tidak langsung maupun terjun langsung ke lapangan melihat proses penyaluran yang dilakukan BAZNAS sesuai arahan dari Direksi Nasional Re.

“Kita pelajari dulu, apakah sama juga dengan lembaga zakat lainnya. Karena saat itu banyak sekali lembaga yang mengelola zakat namun tidak jelas,” ungkapnya.

Bahkan untuk lebih memastikan dan meyakinkan tempat perusahaannya bekerja, bahkan Agus mengaku sempat turun gunung menyusuri sebuah lokasi di kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Di lokasi itu, dirinya mensurvei kebenaran informasi tentang adanya sebuah mushola yang berdiri di atas tanah wakaf dan kondisinya sangat memprihatinkan.

“Saya monitor sendiri, mulai dari kebenaran informasinya, penyalurannya hingga pengerjaan renovasi mushola hingga selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beribadah dengan nyaman,” ucapnya.

Belum lama ini, lanjut Agus, BAZNAS juga menyalurkan bantuan berupa pemasangan mesin pompa kepada masyarakat kurang mampu di kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

“Supaya bantuannya menyeluruh, kami juga bantu pasang mesin pompa. Lokasi itu rawan kekeringan. Sampai-sampai mereka ambil air dari sawah dan kali untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari,” ungkapnya.

Sejak saat itu, PT Nasional Re mempercayakan penyaluran zakat perusahaan Nasional Re ke BAZNAS dan memercayakan pengelolaan zakat perusahaannya kepada lembaga pemerintah non struktural tersebut.

Setelah diberi amanah untuk menangani Reasuransi Syariah sebagai Kepala Divisi Reasuransi Syariah dari tahun 2013 sampai tahun 2015, Agus mendapat arahan dari Direksi untuk selalu memonitor dalam menyaluran zakat perusahaan Nasional Re oleh BAZNAS.

“Awalnya yang kami bayarkan kecil, namun setiap tahun bertambah seiring kian meningkatnya laba perusahaan,” ujarnya.

Pekan Gizi Nasional dan Beasiswa

Belum lama, PT Nasional Re juga membayarkan zakat perusahaannya kepada BAZNAS. Zakat tersebut langsung disalurkan sesuai rekomendasi perusahaan.

“BAZNAS mengajak Nasional Re menggelar program Pekan Gizi Nasional di sejumlah lokasi, seperti di Kabupaten Bondowoso, Bekasi, Serang, Sukabumi dan Jakarta Timur,” tuturnya.

Di Kabupaten Bondowoso, misalnya, Agus mengaku menyalurkan program ini karena dilatarbelakangi oleh masih tingginya angka kemiskinan di daerah tersebut.

“Kebetulan saya lagi cuti dan kebetulan ada program tersebut. Saya kemudian menyempatkan diri ke sana (Bondowoso-red), karena pas berbarengan dengan hari Raya Idul Adha. Di lokasi itu, BAZNAS menggelar program Gizi Nasional dengan memotong sapi dan bagi-bagi sembako untuk warga setempat yang tidak mampu dengan disaksikan langsung oleh kepala desa beserta jajarannya dan aparat dari Koramil atau Babinsa setempat,” tuturnya.

Agus mengaku warga setempat sangat bersyukur dengan adanya program Pekan Gizi Nasional yang diselenggarakan PT Nasional Re yang bekerjasama dengan BAZNAS. Menurutnya warga setempat berharap ke depannya program ini masih terus berlanjut.

“Kepala Desa Pakem, Bondowoso, Pak Wahyudi yang sudah menjabat lebih dari 20 tahun bahkan mendoakan semoga BAZNAS dan perusahaan Nasional Re tetap jaya dan maju terus, ” ujarnya.

PT Nasional Re bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat menyalurkan zakat perusahaan yang dikemas dalam bentuk program Pekan Gizi Nasional, di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. (FOTO: Istimewa/BAZNAS)

PT Nasional Re bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat menyalurkan zakat perusahaan yang dikemas dalam bentuk program Pekan Gizi Nasional, di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. (FOTO: Istimewa/BAZNAS)

Penyelenggaraan Program Gizi Nasional yang digelar Nasional Re bekerjasama dengan BAZNAS juga disambut positif warga Desa Cisolok, Kampung Babakan, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

“Kami berterima kasih kepada BAZNAS dan Nasional RE, semoga program ini berkelanjutan sehingga bisa membantu masyarakat kurang mampu di desa kami,” ucap Lukman selaku Ketua DKM Al Barokah Desa Cisolok, Kampung Babakan, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Program Pekan Gizi Nasional berupa penyaluran sembako, paket gizi dan daging sapi ke daerah-daerah rawan pangan diharapkan dapat membantu peningkatan kualitas gizi mustahik.

PT Nasional Re juga konsisten memberikan bantuan dalam bentuk beasiswa kepada para pelajar SMP dan SMA di sejumlah wilayah yang berasal dari kalangan keluarga tidak mampu. Program ini diharapkan bisa mencetak generasi-generasi anak negeri yang berpendidikan, sehingga diharapkan bisa mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berkat konsistensi dan dedikasinya, sangat pantas jika PT Nasional Re telah menyabet sejumlah prestasi dan penghargaan. Sederet prestasi dan penghargaan yang diraih antara lain, Perusahaan Reasuransi dengan Kinerja Keuangan Terbaik 2016 versi Warta Ekonomi, Reasuransi Terbaik 2016 oleh Majalah Investor, Best Reinsurance 2016 oleh Media Asuransi, 2nd Best Reinsurance Company 2016 oleh APPARINDO, Perusahaan Reasuransi dengan Kinerja Keuangan Terbaik 2015 Kategori The Most Expansive Islamic Reinsurance dan Award dari BAZNAS sebagai Perusahaan Pemberi Zakat Terbaik di Industri Keuangan Non Bank / Perasuransian.

Leave a Comment