Panen Raya Padi Srimartani BAZNAS-BRI Syariah-FTP UGM



panen-padiWarga Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul Jum’at (6/3) pagi bergegas menuju area persawahan untuk melaksanakan panen raya yang sudah mereka nantikan. Program tanam padi dengan System of Rice Intensification (SRI) hasilnya sangat menggembirakan, produktivitas mencapai 10 ton/ hektare.

Program ini merupakan salah satu unggulan dalam rangkaian Program Zakat Community Development di Desa Srimartani, hasil kerjasama BAZNAS, BRI Syariah dan Fakultas Teknologi Pertanian UGM.

SRI mengembangkan teknik manajemen yang berbeda atas tanaman, tanah, air dan nutrisi, mengubah pola tanam yang selama ini sudah dijalankan masyarakat dengan hasil yang kurang maksimal. Salah satunya dengan memperhatikan pertumbuhan akar yang membutuhkan ruang cukup luas untuk bernafas, sehingga penanaman padi dilakukan satu persatu, bukan berumpun.

Dalam panen raya kali ini, turut serta pula SUIJI Japan-Indonesia Student Exchange Program dan mahasiswa KKN UGM di desa tersebut.

Zakat Community Development di Srimartani juga meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat desa dengan berdirinya Rumah Pintar BAZNAS. Berbagai kegiatan edukasi yang produktif diselenggarakan, antara lain bimbingan belajar, belajar baca tulis Al Qur’an, pelatihan keterampilan menjahit, membuat kerajinan tangan, hingga pelatihan bertani dan beternak.

Di kabupaten yang sama, berdiri Rumah Sehat BAZNAS yaitu program rumah sakit tanpa kasir yang melayani mustahik dengan pelayanan prima. Masyarakat dimudahkan dalam administrasi persyaratan serta dalam sistem pemberian layanan kesehatan karena di RSB dikenal program Layanan Luar Gedung (LLG) yang jemput bola mendatangi kantong-kantong mustahik.

 

Comments are closed.