Nana Mintarti Wawancarai 5 Capim BAZNAS Sulbar



Anggota BAZNAS, Ir. Nana Mintarti tengah melakukan seleksi wawancara terhadap capim BAZNAS Sulawesi Barat, Rabu (21/12/2016). Foto: Istimewa/BAZNAS

Anggota BAZNAS, Ir. Nana Mintarti tengah melakukan seleksi wawancara terhadap capim BAZNAS Sulawesi Barat, Rabu (21/12/2016). Foto: Istimewa/BAZNAS

MAMUJU (BAZNAS): Lima calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sulawesi Barat, mengikuti proses seleksi wawancara yang diselenggarakan di Kantor BAZNAS Sulbar, Kota Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (21/12/2016). Mereka adalah Drs. H. Arifin HP. Dara; Drs. H. Aminullah Ma’mun, MH; Drs. H. Asraruddin, M.Si; Abd. Rahim; dan H. Muchdar.

Seleksi wawancara capim ini dipimpin langsung anggota BAZNAS, Ir Nana Mintarti MP yang didampingi Kepala Bagian (Kabag) Akreditasi dan Sertifikasi, Direktorat Koordinator Zakat Nasional (KZN) BAZNAS, Sarniti.

Dalam sesi wawancara, salah seorang capim, Arifin HP Dara, mengatakan, potensi zakat di Sulbar sangat besar. Untuk itu, dirinya berani menargetkan Rp 1 miliar per bulan.

Sementara, kepada para capim, anggota BAZNAS, Ir. Nana Mintarti MP berpesan, BAZNAS provinsi memiliki dua fungsi, yaitu fungsi amil dan koordinator.

Sebagai koordinator, BAZNAS Provinsi Sulbar melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dan juga BAZNAS kabupaten/kota di Provinsi Sulbar.

“Sebagai koordinator, BAZNAS Provinsi Sulbar melalukan koordinasi dengan pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, dan juga BAZNAS kabupaten/kota di Provinsi Sulbar.

Selain itu, lanjut Nana, koordinasi dan supervisi terhadap pengelolaan zakat yang dilakukan lembaga zakat di provinsi Sulawesi Barat.

Menurut dia, BAZNAS adalah lembaga pemerintah non struktural, sehingga tidak bisa disamakan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau ormas. “Peran pemerintah sangat penting dalam pengelolaan zakat di Sulbar, termasuk dukungan biaya operasional maupun kebijakan,” ujarnya.

Sementara Kakanwil Kemenag menegaskan, dirinya akan terus mendukung kerja BAZNAS provinsi dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, termasuk mengawal kebijakan terkait perzakatan.

Reporter : Mas’ud
Editor      : Yudhiarma MK
Sumber   : Kabag Akreditasi dan Sertifikasi Direktorat KZN BAZNAS, Sarniti

Comments are closed.