Gelar Bimtek RKAT, BAZNAS Jatim Bertekad Perbaiki Pengelolaan Zakat



RAKOR-BAZNAS-MALANG-1

Kepala Divisi Perencanaan, Pengembangan dan Pengendalian BAZNAS, Efri S. Bahri bersama Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Timur, Dr. Abdussalam Nawawi, M.Ag seusai Bimtek RKAT BAZNAS se-Kabupaten/Kota Menggunakan SiMBA, di Malang, Jawa Timur, Rabu-Kamis (21-22/12/2016). Foto: Istimewa/BAZNAS

Jakarta, (BAZNAS): Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) konsisten menyosialisasikan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) dengan metoda Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SiMBA) di sejumlah daerah di tanah air.

Kali ini, giliran BAZNAS Propinsi Jawa Timur yang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) RKAT yang digelar selama dua hari, Rabu dan Kamis (21-22/12/2016) di Malang, Jawa Timur.

Bimtek yang diikuti 31 BAZNAS Kabupaten/Kota  se-Jawa Timur ini dihadiri dan dipimpin langsung oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur, Dr. Abdussalam Nawawi, M.Ag. Bimtek menghadirkan dua narasumber dari BAZNAS Pusat, yaitu Kepala Divisi Perencanaan, Pengembangan dan Pengendalian BAZNAS, Efri S. Bahri dan Intsrukstur SiMBA Dwi Riyanto.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur, Dr. Abdussalam Nawawi, M.Ag menyebutkan bahwa Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat mengamanatkan tugas BAZNAS sebagai pengelola zakat nasional.

Dalam pelaksanaan tugas tersebut, BAZNAS menjalankan fungsi perencanaan, pengumpulan zakat nasional, pendistribusian dan pendayagunaan, serta pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan zakat.

Labih lanjut, Ketua BAZNAS Jawa Timur ini mengatakan, RKAT ini menjadi langkah awal untuk membenahi perencanaan BAZNAS Kabupaten/Kota sehingga pengelolaan zakat menjadi semakin baik.

“Hari ini kita mulai langkah dari perencanaan sehingga manajemen berjalan dengan baik. Sedangkan BAZNAS Provinsi Jawa Timur sudah mendapat pengesahan dari BAZNAS pada akhir november lalu”, ungkapnya.

Sementara Kepala Divisi Perencanaan, Pengembangan dan Pengendalian BAZNAS, Efri S. Bahri menekankan pentingnya RKAT sebagai naskah yang memuat program kerja dan anggaran kegiatan BAZNAS, BAZNAS Provinsi dan BAZNAS Kabupaten/Kota selama satu tahun. RKAT sendiri disusun berdasarkan Indikator Kinerja Kunci (IKK) yang mengacu pada Naskah Rencana Strategis BAZNAS.

“Untuk mengintegrasikan RKAT secara nasional, maka BAZNAS memberikan Bimtek RKAT berbasis SiMBA,” kata Efri.

Dia menjelaskan keberadaan RKAT ini sangat strategis sebagai pondasi dalam menjadikan BAZNAS, BAZNAS Provinsi dan BAZNAS Kabupaten/Kota menjadi pengelola zakat terbaik dan terpercaya di dunia.

“Kita berharap, derap Kebangkitan Zakat bisa sampai ke daerah. Dengan demikian diharapkan BAZNAS Kab/Kota mampu berkontribusi dalam mewujudkan Kebangkitan Zakat di tanah air,” pinta Efri S Bahri.

Reporter : Mas’ud

Editor     : Yudhiarma MK

Sumber  : Kepala Divisi Perencanaan, Pengembangan dan Pengendalian BAZNAS Efri S. Bahri

Comments are closed.