BAZNAS Kembangkan Zakat Community Development Di Enrekang



 

Ilustrasi (FOTO: Antara)

Ilustrasi (FOTO: Antara)

Sebagai koordinator zakat nasional, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendistribusikan dan mendayagunakan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) secara merata sesuai amanat Undang-Undang No. 23 tentang Pengelolaan Zakat.

“Kami mengembangkan program Zakat Community Development (ZCD) berbasis komunitas peternak di Sulawesi,” ujar Direktur Koordinator Pendistrubusian, Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Zakat Nasional BAZNAS, Mohd. Nasir Tajang di Jakarta, Selasa (26/12/2017).

Menurut dia, ZCD dimaksud diimplementasikan di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

“Enrekang, sebuah kabupaten di Sulsel mendapatkan bantuan berupa ternak sapi perah untuk 20 kepala keluarga (KK) mustahik. Di mana 10 KK dibina untuk memproduksi susu sapi yang diolah menjadi dangke,” ucap Nasir

Selanjutnya, tutur dia, BAZNAS memberikan pendampingan terhadap 10 KK yang lain untuk mengolah dangke menjadi keripik dangke sehingga memiliki produk yang bernilai tambah.

“Alhamdulillah, program ini disambut baik Pemerintah Kabupaten Enrekang. Penyerahan bantuan oleh penerima manfaat juga dihadiri oleh Bupati. Beliau berkomitmen mendukung dan mengintegrasikan program BAZNAS dengan program pemerintah daerah. Ini menunjukkan bahwa semangat kebangkitan zakat sangat terasa di Kabupaten Enrekang,” ucapnya.

Comments are closed.